BIOTECH TALK 2023

BIOTECH TALK 2023
“siRNA : Stimulating Innovation, Realizing Notable Aspirations”
HIMPUNAN PROGRAM STUDI BIOTEKNOLOGI GENOM
2023
FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM
UNIVERSITAS NEGERI MALANG

HMPS Bioteknologi Genom 2023 telah menyelenggarakan kegiatan tahunan, yaitu BiotechTalk dengan tema “siRNA : Stimulating Innovation, Realizing Notable Aspirations”. Kegiatan inimengedepankan pendekatan antar mahasiswa dengan prodi Bioteknologi serta mahasiswadengan dosen. Kegiatan Biotech Talk tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya, karena dalam serangkaian acara Biotech Talk terdapat sesi Biotech Got Talent untuk merayakan pra-Dies Natalis Program Studi Bioteknologi Universitas Negeri Malang. Biotech Got Talent merupakan kegiatan dimana mahasiswa berkompetisi dan mengekspresikan bakat dan minat yang dimiliki.

Kegiatan Biotech Talk dilaksanakan secara offline pada hari Sabtu, 18 November 2023 di Gedung B3 Ruang 204 Universitas Negeri Malang. Kegiatan ini mengundang seluruh mahasiswa prodi Bioteknologi, dosen pengajar prodi Bioteknologi, dosen pendamping HMPS Bioteknologi Genom, Kepala Departemen Sains Terapan, Wakil Dekan I FMIPA, perwakilan Dewan Mahasiswa Fakultas MIPA, dan para juri dari lingkup Universitas Negeri Malang. Biotech Talk merupakan program kegiatan dari bidang FMET HMPS Bioteknologi Genom. Adapun tujuan dari Biotech Talk adalah sebagai wadah menyampaikan aspirasi untuk saling bertukar pikiran, berbagi ide, serta merumuskan langkah-langkah strategis guna memajukan Program Studi Bioteknologi

Seperti pada tahun sebelumnya, dalam acara Biotech Talk terdapat lomba kreasi tumpeng yang wajib diikuti oleh setiap offering. Tumpeng dinilai oleh tiga juri dari dosen prodi Bioteknologi sendiri, yaitu Bapak Norman, Ibu Ratna, dan Ibu Farida. Dari hasil penilaian juri, lomba kreasi tumpeng dimenangkan oleh angkatan 2020. Selain lomba kreasi tumpeng, ada beberapa serah terima penghargaan sebagai bentuk apresiasi meliputi Offering Terbaik oleh angkatan 2020, Genomian Berkarakter oleh Rahmalia Ayunin dan Dwi Endah Wulandari, Anggota HMPS terfavorit oleh Dwi Endah Wulandari, Dosen terfavorit oleh Bapak Dr. Norman Yoshi Haryono, S. Si, dan Best Dresscode oleh Nurul Hikma Suciani dan Aditya Purwo Setiaji.

Adapun lomba unjuk bakat yang dirangkap dalam sesi Biotech Got Talent. Biotech Got Talent diikuti oleh perwakilan dari setiap offering, dan total penampilan yang mengikuti kompetisi ini berjumlah 9 penampilan. Juri Biotech Got Talent adalah perwakilan dari bidang kesenian dalam lingkup FMIPA, seperti KOMIPA dan ASWA. Setelah beberapa pertimbangan oleh juri, Juara 1 Biotech Got Talent diraih oleh Fenita Oka Prasetya, diikuti oleh Stevanya Desnam sebagai juara ke-2 dan I Made Jody sebagai juara ke-3.

Panitia Biotech Talk mendapat feedback dari beberapa peserta yang hadir dalam kegiatan Biotech Talk, mereka menyampaikan bahwa banyak informasi baru yang didapat setelah mengikuti acara Biotech Talk dan termotivasi untuk menjadi offering terbaik, seperti “wawasan baru saya dapat dari Biotech Talk adalah regulasi biaya dan sarana-prasarana prodi bioteknologi.”, “sangat mengisi kekosongan informasi tentang biotek, sehingga kegiatan ini sangat baik dan bermanfaat untuk seluruh mahasiswa bioteknologi.”, dan “penampilan-penampilan sangat keren, seru, dan kita bisa berkomunikasi dengan para dosen.”, dari salah satu panitia sendiri juga menyampaikan bahwa “Kita bisa mendengarkan pendapat dari sisi dosen dan juga dari mahasiswa, sehingga kita bisa berpendapat di kegiatan Biotech Talk ini.”.

Saudari Fakhren Nukha Zalfa, selaku Ketua Pelaksana menambahkan bahwa diharapkan setelah pelaksanaan Biotech Talk ini, semua aspirasi mahasiswa telah terungkap, membawa perubahan nyata dalam kemajuan dunia bioteknologi untuk masa depan yang lebih baik, dan terjalin hubungan erat antara mahasiswa dan dosen bioteknologi sebagai bentuk penguatan ikatan dalam pengembangan ilmu.

Kegiatan Biotech Talk telah berlangsung selama satu hari dengan baik, meskipun terdapat beberapa kendala teknis dalam prosesnya. Dengan dilaksanakan Biotech Talk, diharapkan dapat membangun rasa kekeluargaan antara mahasiswa dengan mahasiswa, dan mahasiswa dengan dosen. Untuk kedepannya, semoga dengan adanya kegiatan Biotech Talk, seluruh peserta bisa menuangkan aspirasi, opini, dan kritiknya terhadap Program Studi Bioteknologi ini dan mendapat solusi atau pemecahan terhadap permasalahan yang ada untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Program Studi Bioteknologi Universitas Negeri Malang.

Dokumentasi Panitia

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *