Sosisalisasi Eco Enzyme 2023

SOSIALISASI ECO-ENZYME

“Innovation for Waste Treatment with Eco-Enzyme”

HIMPUNAN PROGRAM STUDI BIOTEKNOLOGI GENOM 2023 FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM

UNIVERSITAS NEGERI MALANG

HMPS Bioteknologi Genom 2023 telah melakukan acara Sosialisasi Eco-Enzyme yang mengusung tema “Innovation For Waste Treatment With Eco-Enzyme”. Adapun acara ini termasuk dalam salah satu program kegiatan baru pada bidang pengabdian masyarakat (EXON). Kegiatan Sosialisasi Eco-Enzyme dilaksanakan secara luring pada tanggal 6 November 2023 bertempat di Desa Selorejo, Kec. Dau, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Sasaran dari kegiatan Sosialisasi Eco-enzyme ini merupakan ibu-ibu PKK dari Desa Selorejo dengan jumlah peserta Ibu PKK Desa Selorejo yang hadir berjumlah 16 orang.  Kegiatan Sosialisasi Eco-Enzyme ini bertujuan untuk mengedukasi ibu-ibu PKK terhadap produk yang dihasilkan melalui penerapan ilmu bioteknologi dan dapat bermanfaat untuk menanggulangi masalah limbah dapur, serta dapat dijadikan sebagai ide untuk bisnis.

Kegiatan Sosialisasi Eco-Enzyme ini meliputi penyampaian materi mengenai pengenalan eco-enzyme, manfaat eco-enzyme dan cara pembuatan eco-enzyme. Materi-materi yang disampaikan antara lain: pengenalan bioteknologi, program kreativitas mahasiswa Bioteknologi UM, pengenalan eco-enzyme dan juga cara pembuatan eco-enzyme. Ibu PKK yang terlibat sebagai peserta dalam kegiatan ini antusias dalam mengikuti kegiatan, dibuktikan dengan para peserta saat pembuatan dan pembagian produk eco-enzyme. Pada kegiatan Sosialisasi Eco-Enzyme ini panitia membagikan kuesioner kepada seluruh peserta Sosialisasi Eco-Enzyme sebagai bahan acuan dan tolak ukur dalam keberhasilan penyelenggaraan serta sebagai masukan kegiatan untuk kedepannya. Kuesioner terdiri dari dua bagian yaitu beberapa pertanyaan sebelum sosialisasi dan setelah sosialisasi berlangsung. Kegiatan ini berjalan dengan lancar diikuti oleh 16 peserta Sosialisasi Eco-Enzyme. Berdasarkan hasil kuesioner yang diberikan pada saat kegiatan pelatihan berlangsung menunjukkan bahwa sebelum dilaksanakan pelatihan ini, sebesar 98% ibu-ibu PKK di Desa Selorejo belum pernah memanfaatkan limbah sampah organik dan hal tersebut menjadi penyebab ibu yang mengisi kuesioner belum memiliki minat untuk mencari informasi terkait cara pembuatan eco-enzyme. Setelah Sosialisasi Eco-Enzyme, terjadi peningkatan peserta yang mengetahui tentang eco-enzyme dari 98% menjadi 100%. Hal ini menjadi salah satu indikator keberhasilan pelatihan Sosialisasi Eco-Enzyme ini. Sebesar 100% peserta sangat puas dengan metode penyampaian dari pemateri dalam kegiatan sosialisasi dan pendampingan pembuatan eco-enzym dengan memanfaatkan limbah organik berupa kulit buah atau sejenisnya.

Ketua pelaksana Sosialisasi Eco-Enzyme, Nabila Trieas menyampaikan, “Kegiatan Sosialisasi Eco-Enzyme 2023 alhamdulillah berjalan cukup lancar walaupun terdapat beberapa kendala selama menyiapkan kegiatan ini, saya juga mengucapkan terimakasih kepada rekan-rekan panitia inti dan para panitia maupun non panitia yang telah membantu mensukseskan acara dengan segenap jiwa dan raga hingga pada akhirnya acara tersebut dapat berlangsung dengan baik. Untuk para ibu PKK Desa Selorejo diharapkan dapat mengolah limbah rumah tangga dengan baik apalagi limbah sayuran atau kulit buah”, ungkap Nabila dalam menyampaikan tanggapannya mengenai acara ini. Kegiatan Sosialisasi Eco-Enzyme yang telah berlangsung selama 1 hari ini berjalan dengan baik dan lancar. Kegiatan Sosialisasi Eco-Enzyme yang telah terlaksana diharapkan dapat memberikan pengetahuan baru kepada para ibu PKK Desa Selorejo dalam mengolah limbah organik skala rumah, terutama limbah sayur dan kulit buah.

Diharapkan setelah pelaksanaan kegiatan Sosialisasi Eco-Enzyme peserta dapat mengolah limbah organik skala rumah secara berkala dengan rutin serta eco-enzyme yang dihasilkan dapat digunakan dengan baik. Kegiatan Sosialisasi Eco-Enzyme merupakan salah satu upaya dalam mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan yang ditetapkan dalam SDGs pada poin 6 dan point 13. Dengan memanfaatkan limbah organik untuk membuat eco-enzyme, masyarakat dapat mengurangi dampak negatif limbah dan menggantikan bahan kimia berbahaya, sehingga berkontribusi pada tindakan perubahan iklim.


Dokumentasi Acara


After Movie

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *