LKTIN 2023

Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional

“Implementasi Inovasi dan Kreativitas Bidang Bioteknologi dalam Mendukung Pembangunan Berkelanjutan Guna Mewujudkan SDGs”

HIMPUNAN MAHASISWA PROGRAM STUDI BIOTEKNOLOGI GENOM 2023

FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM

UNIVERSITAS NEGERI MALANG

Sesi Dokumentasi Presentasi 5 Besar

HMPS Bioteknologi Genom 2023 telah melaksanakan kegiatan Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional 2023 dengan mengusung tema “Implementasi Inovasi dan Kreativitas Bidang Bioteknologi dalam Mendukung Pembangunan Berkelanjutan Guna Mewujudkan SDGs”. Kegiatan Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional ini diselenggarakan secara online bagi peserta mulai hari Rabu tanggal 5 Juli 2023 hingga hari Minggu tanggal 22 Oktober 2023 dan offline  bagi panitia pada hari Minggu tanggal 3 September 2023 dan pada hari Sabtu tanggal 14 Oktober 2023 di Universitas Negeri Malang Gedung B25 Ruang 401. Kegiatan ini diikuti oleh 60 peserta yang merupakan siswa/i SMA sederajat dalam lingkup nasional.

Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional merupakan program kegiatan dari bidang penalaran HMPS Bioteknologi Genom yang bertujuan memberikan wadah bagi siswa/i SMA sederajat untuk menyalurkan ide-idenya dalam bentuk Karya Tulis Ilmiah yang nantinya akan dapat diterapkan ketika memasuki bangku perkuliahan maupun dalam kehidupan bermasyarakat. Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan sebagai ajang pengenalan Universitas Negeri Malang terutama Fakultas MIPA dan program studi Bioteknologi serta pengenalan akan ruang lingkup bioteknologi terhadap siswa/i SMA sederajat. Bioteknologi merupakan ilmu yang penting bagi kehidupan manusia pada masa sekarang dan masa yang akan datang. Hal ini dikarenakan peranan bioteknologi yang sangat diperlukan untuk kelangsungan hidup yang semakin sulit terutama sumber daya alam hayati maupun sumber daya alam non hayati, terutama dalam Sustainable Development Goals yakni suatu pembangunan berkelanjutan bagi negara-negara berkembang seperti Indonesia, untuk memenuhi kebutuhan bagi negaranya, seperti pada bidang pangan. Sasaran dari kegiatan ini adalah seluruh siswa/i SMA/Sederajat yang ada di Indonesia.

Kegiatan ini dimulai dengan pembukaan dan pendaftaran lomba dengan meng-upload pamflet di Instagram HMPS Bioteknologi Genom. Pendaftaran lomba disertai dengan pengumpulan abstrak dengan batas deadline tanggal 4 Agustus 2023. Kemudian, diadakan technical meeting untuk peserta yang telah lolos seleksi abstrak. Kegiatan Technical Meeting diawali dengan pembukaan oleh Master of Ceremony, selanjutnya menyanyikan lagu Indonesia Raya, dilanjutkan dengan pemberian sambutan oleh Ketua Pelaksana dan Bupati Mahasiswa Bioteknologi, pembacaan guidebook oleh panitia yang bertugas, serta dilakukan sesi tanya jawab. Acara ini ditutup oleh Master of Ceremony dengan membaca hamdalah dan sesi dokumentasi. Selanjutnya selang tiga puluh satu hari diadakan kegiatan Presentasi Final yang diawali dengan dengan pembukaan acara oleh Master of Ceremony, dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, pemberian sambutan oleh Ketua Pelaksana dan Bupati Mahasiswa Bioteknologi, kemudian dilakukan presentasi oleh masing-masing peserta mengenai Karya Tulis Ilmiah yang telah dibuat, serta dilakukan sesi tanya jawab oleh panitia dikarenakan juri Lomba Karya Tulis Ilmiah yang berhalangan hadir yang disebabkan terdapatnya acara prodi Bioteknologi. Acara ini ditutup oleh Master of Ceremony dengan membaca hamdalah dan sesi dokumentasi.

Sesi Presentasi Final 5 Besar

Pengumuman pemenang diumumkan melalui Instagram HMPS Bioteknologi Genom. Pengiriman hadiah juara berupa medali dan notebook dilakukan setelah pengumuman pemenang yang di upload pada Instagram HMPS Bioteknologi Genom. Hasil dari pemenang Lomba Karya Tulis Ilmiah yakni sebagai berikut : Juara I diraih oleh SMAN 2 Madiun dengan judul “MASBAG (Masker dengan Filter Bagasse) Sebagai Inovasi Masker Untuk Menahan Partikel Polusi Udara dan Ramah Lingkungan”; Juara II diraih oleh SMA Negeri 4 Singaraja dengan judul “GEL AJHA : Efektivitas Kombinasi Ekstrak Daun Anggur Hitam dan Daun Jarak Cina Sebagai Alternatif Penyembuhan Luka dalam Formulasi Sediaan Gel” dan Juara III diraih oleh SMA Kristen Petra 2 Surabaya dengan judul “Pemanfaatan Microbial oil Sebagai Sumber Daya Terjangkau dalam Mewujudkan Objektif SDG (Sustainable Development Goals)”.

Kami panitia Lomba Karya Tulis Ilmiah berkesempatan untuk mewawancarai Ketua Pelaksana, Saudara Mohammad Risqi Aziz, mengenai kesan dan pesan dari kegiatan ini, “Untuk kegiatan Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional ini para peserta terlihat sangat antusias dalam mengikuti lomba ini, bahkan mereka juga memberikan karya-karya yang mengesankan. Untuk proses penilaian Karya Tulis Ilmiah ini juga bersifat transparan, yang artinya para peserta sudah mengetahui apa saja kriteria dan aspek yang akan dinilai dari informasi yang tertulis pada guidebook yang telah diberikan. Teruntuk para peserta yang telah mendaftar serta mengirimkan abstrak akan diberikan e-sertifikat, peserta yang telah lolos abstrak dan menjadi finalis lima besar akan diberikan e-sertifikat serta notebook, serta bagi peserta yang meraih juara tentunya akan mendapatkan piagam dalam bentuk hard file, medali, notebook, dan uang pembinaan. Walaupun dalam pelaksanaannya kegiatan ini mengalami beberapa kendala, kendala tersebut telah diatasi dan menjadikan kegiatan ini berjalan dengan sukses. Pesan saya untuk kegiatan Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional kedepannya yaitu, diharapkan lebih meningkatkan performa perlombaan agar semakin baik untuk kedepannya, dan lebih menspesifikan tema yang harus ada pada Karya Tulis Ilmiah ini. Untuk panitia selanjutnya yang akan datang saya ucapkan semangat dalam menjalani program kerja Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional ini dikarenakan kegiatan ini merupakan kegiatan besar yang perlu effort dalam menjalankannya”. Selain itu, saudari Made Maitry Asrithya Dewi, yaitu peserta selaku Juara II dari Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional juga menyatakan “Saya dan tim merasa senang dalam berpartisipasi menjalani perlombaan Karya Tulis Ilmiah Nasional yang diadakan oleh HMPS Bioteknologi Genom, di sisi lain dengan mengikuti perlombaan ini membuat saya dan tim dapat memandang permasalahan di lingkungan sekitar yang ternyata mempunyai potensi besar untuk dikembangkan. Jadi pengalaman dan pengetahuan yang saya dan tim dapatkan besar”

Ketua Pelaksana

Kegiatan Lomba Karya Tulis Ilmiah yang telah berlangsung selama tiga bulan sembilan belas hari ini, berjalan dengan lancar walaupun terdapat beberapa kendala dalam prosesnya. Dengan dilaksanakannya Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional, diharapkan mampu memberikan wadah kepada siswa/i SMA/Sederajat dalam menyalurkan ide-idenya dalam bentuk Karya Tulis Ilmiah yang nantinya akan dapat diterapkan ketika memasuki bangku perkuliahan maupun dalam kehidupan bermasyarakat, terutama dalam memahami persoalan yang terdapat di lingkungan sekitar dengan menerapkan prinsip ilmu bidang Bioteknologi. Kegiatan ini juga diharapkan dapat mencapai tujuan ke-4 dalam pembangunan berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs) yakni Pendidikan yang Berkualitas yang memiliki salah satu targetnya adalah untuk mencetak generasi muda yang mampu memberikan kontribusi terkait inovasi dan kreativitas untuk dapat mendukung pembangunan berkelanjutan.

Dokumentasi Panitia Presentasi 5 Besar

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *