Sosialisasi Produk Bioteknologi 2023

SOSIALISASI PRODUK BIOTEKNOLOGI 2023

Peningkatan Nilai Pangan melalui Bioteknologi: Sosialisasi dan Penerapan Produk Inovatif dalam Industri Pangan”

HIMPUNAN  MAHASISWA PROGRAM STUDI BIOTEKNOLOGI GENOM 2023 

FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM 

UNIVERSITAS NEGERI MALANG

HMPS Bioteknologi Genom 2023 telah melakukan acara Sosialisasi Produk Bioteknologi yang mengusung tema “Peningkatan Nilai Pangan melalui Bioteknologi: Sosialisasi dan Penerapan Produk Inovatif dalam Industri Pangan”. Adapun acara ini merupakan program kegiatan baru yang belum ada pada program kegiatan sebelumnya dari bidang pengabdian masyarakat atau Exon. Kegiatan Sosialisasi Produk Bioteknologi ini bertujuan untuk mengedukasi dan menarik minat siswa/i SMP dan SMA terhadap cabang ilmu bioteknologi sebagai ilmu futuristik yang bermanfaat dan berguna di masa yang akan datang. Selain itu, kegiatan Sosialisasi Produk Bioteknologi juga diharapkan dapat meningkatkan kesadaran dan kreativitas generasi muda untuk meningkatkan mutu produk dengan keterlibatan bioteknologi.

Kegiatan Sosialisasi Produk Bioteknologi dilaksanakan selama 2 hari secara luring, pada Rabu, 25 Oktober 2023 di SMA Islam Al-Maarif Singosari dan Senin, 30 Oktober 2023 di SMP Laboratorium UM. Kegiatan yang dilakukan meliputi pengenalan Program Studi Bioteknologi UM, penyampaian materi mengenai produk bioteknologi yang disosialisasikan serta demonstrasi proses pembuatan produk bioteknologi berupa kimchi, yoghurt dan kombucha. Pada SMA  Islam Al-Maarif Singosari disampaikan tentang produk bioteknologi berupa yoghurt dan kombucha, lalu pada SMP Laboratorium UM disampaikan tentang produk bioteknologi berupa yoghurt dan kimchi. Peserta juga cukup aktif terlibat dalam mengikuti kegiatan ini yang dibuktikan dengan antusiasme peserta ketika sesi tanya jawab dengan pemateri. Peserta juga dilibatkan dalam memperagakan pembuatan produk bioteknologi bersama panitia yang bertugas.

Day 1
Day 2

Sebelum masuk ke sesi peragaan pembuatan produk bioteknologi, beberapa peserta diberi tester produk yang sudah disediakan oleh panitia kegiatan sosialisasi produk bioteknologi. Di akhir acara pada hari pertama, terdapat pemberian hadiah kepada 3 siswa/i SMA yang telah berhasil menjawab beberapa pertanyaan dari materi-materi yang sudah dijelaskan dalam bentuk kuis Kahoot. Sedangkan pada hari kedua, siswa/i SMP diberikan penugasan berupa pembuatan video mengenai perubahan produk kimchi dan yoghurt dan hasil dari produk-produk bioteknologi yang sudah dipraktikkan bersama sebagai bentuk apresiasi serta respon terhadap materi-materi yang dipaparkan. Video penugasan akan  dikumpulkan dalam bentuk google form yang sudah disediakan oleh panitia.

Ketua pelaksana Sosialisasi Produk Bioteknologi, Alfa Thoriq menyampaikan, “Kegiatan Sosialisasi Produk Bioteknologi alhamdulillah berjalan cukup lancar dan sesuai dengan konsep yang diinginkan walaupun ada  perombakan konsep acara pada hari kedua dan beberapa kendala selama menyiapkan kegiatan ini. Saya juga mengucapkan terimakasih kepada rekan-rekan panitia inti dan para panitia maupun non panitia yang telah membantu mensukseskan acara dengan segenap jiwa dan raga hingga pada akhirnya acara tersebut dapat berlangsung dengan baik. Tidak lupa saya juga mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada pihak sekolah atas kontribusi dalam mensukseskan program kegiatan kami dari HMPS Bioteknologi Genom 2023. Dan untuk adik-adik SMP dan SMA tetap semangat dan semoga apa yang telah disampaikan oleh pemateri dapat menginspirasi kalian semua untuk terus berkembang menjadi lebih baik dan terus melakukan inovasi-inovasi baru termasuk pada bidang industri pangan yang akan  menjadi peluang kalian untuk mendapatkan penghasilan lebih atau menjadi acuan kalian untuk belajar lebih giat lagi,” ungkap Thoriq dalam menyampaikan tanggapannya mengenai acara ini.

Siswa/i SMA Islam Al-Maarif Singosari juga mengungkapkan bahwa Kegiatan Sosialisasi Produk ini bermanfaat dalam menunjang pembelajaran. Pernyataan tersebut didapatkan dalam sesi wawancara terhadap peserta sosialisasi produk bioteknologi. Pada sesi tersebut, rata-rata siswa/i SMA Islam Al-Maarif Singosari menyatakan kepuasannya terhadap kegiatan sosialisasi produk bioteknologi ini dan menyampaikan bahwa materi yang disampaikan oleh pemateri relevan dengan peminatan yang mereka ambil.

Kegiatan Sosialisasi Produk Bioteknologi yang telah terlaksana diharapkan dapat memberikan pengetahuan baru kepada siswa/i SMP maupun SMA mengenai pemanfaatan atau aplikasi ilmu bioteknologi dalam pembuatan produk pangan fungsional. Melalui kegiatan ini juga diharapkan akan muncul gagasan-gagasan baru untuk mengembangkan produk-produk bioteknologi termasuk dalam industri pangan guna memenuhi kebutuhan pangan masyarakat  Indonesia yang lebih baik dan berkualitas.

Panitia Day 1
Panitia Day 2

Aftermovie :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *