BASMA 2024

SEMARAKKAN RAMADHAN, BASMA BERBAGI BERKAH DAN SAJIAN SEHAT

PENYELENGGARA

HMPS BIOTEKNOLOGI GENOM 2024


DOSEN PENDAMPING

Dr. Muh Ade Artasasta, S.Si


KETUA PELAKSANA

Seloka Mayang Ratu Bhuana


KETUA UMUM

Listy Nailah Mahdiyyatul Lathifah  


TANGGAL KEGIATAN

28 Maret 2024


TEMPAT KEGIATAN

Pondok Anak Yatim dan Dhuafa Abdul Kadir Kurnia, Jl. Terusan Sudimoro, Kota Malang.


KRITERIA LAYANAN

Jenis Program Layanan dan Pembinaan Kesejahteraan


SDGs ke-2

Mengakhiri Kelaparan 

MENTAL KEBANGSAAN

Pendidikan norma, etika, pembinaan karakter, dan soft skills mahasiswa

BERITA KEGIATAN

Program Studi Bioteknologi Departemen Sains Terapan FMIPA Universitas Negeri Malang telah melaksanakan kegiatan Biotechnology Sharing in Ramadan (BASMA) 2024 yang merupakan program tahunan dari HMPS Bioteknologi Genom. Kegiatan ini mengusung tema “Meningkatkan Kepedulian dan Kebersamaan Melalui Sajian Sehat Bergizi dalam Semarak Ramadhan” yang bertujuan untuk menumbuhkan rasa empati dan kepedulian terhadap sesama. Kegiatan ini juga berkontribusi pada pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs), khususnya SDGs ke 2: Mengakhiri Kelaparan, sehingga BASMA 2024 merupakan jenis program layanan dan pelatihan kesejahteraan. Kegiatan BASMA 2024 dilaksanakan pada hari Kamis, 28 Maret 2024 secara luring/tatap muka di Pondok Anak Yatim dan Dhuafa Abdul Kadir Kurnia yang dihadiri oleh 18 anak yatim dan dhuafa, Dosen Pendamping dan Ketua Umum HMPS Bioteknologi Genom. 

Kegiatan diawali dengan pembukaan dan penyampaian materi tentang pentingnya gizi seimbang selama berpuasa di bulan Ramadhan. Antusiasme anak-anak terlihat jelas saat mengikuti materi dan kuis berhadiah. HMPS Bioteknologi Genom juga menunjukkan rasa peduli dengan menyerahkan donasi dan vandel kepada panti. Puncak acara adalah buka bersama dengan hidangan sehat dan bergizi, dan diakhiri dengan membersihkan tempat panti asuhan bersama.

Berbuka Bersama

Biotechnology Sharing in Ramadan (BASMA) 2024 tidak hanya memberikan manfaat bagi anak-anak yatim dan dhuafa, tetapi juga bagi para pelajar yang terlibat. Mereka belajar tentang arti kepedulian dan berbagi, serta mendapatkan pengalaman berharga dalam membantu orang lain. Dengan menggabungkan berbagai elemen positif tersebut, BASMA diharapkan dapat memberikan manfaat yang berharga bagi panti asuhan anak-anak, baik dalam hal pengetahuan, rasa syukur, kepedulian, maupun kebahagiaan di bulan Ramadhan yang penuh berkah.

Panitia BASMA 2024 berkesempatan untuk mewawancarai salah satu SC bidang Humas dan Informasi, yaitu pasangan Nurul Hikmah Suciani mengenai perbedaan acara BASMA tahun 2024 dengan tahun sebelumnya, “BASMA tahun ini lebih terasa suasana berbaginya, kebersamaannya, dan kekeluargaannya karena kita berinteraksi langsung dan lama dengan adik -adik dari panti, karena kalau tahun lalu tuh kita berbagi hanya sekilas dan interaksinya pun ga terlalu kelihatan. 

Kak Nurul Hikmah Suciani juga memberikan apresiasi, “Panitia di program kegiatan basma tahun ini juga juara banget mulai dari cepat merespon sampai tanggung jawab job desk nya mereka tetap terlaksana, aku salut sama kalian program kegiatan baru tapi kalian sudah benar-benar bekerja dengan sepenuh hati sampai minimal kesalahan. Terima kasih ya sudah mau mensukseskan acara basma tahun ini”.

Panitia BASMA 2024 berkesempatan untuk mewawancarai salah satu OC bidang Kesejahteraan, yaitu sahabat Zahwa Bintang mengenai acara BASMA 2024, “Kalau menurutku BASMA tahun ini cukup baik dan mungkin bisa dikatakan sukses. Karena dari tahap acara dan kegiatannya sudah terstruktur dan tujuan donasi kita jelas, sehingga jumlah donasi yang didapat bertambah 300% dari target awal kita. Materi yang diambil juga sangat menarik dan bermanfaat. Terlebih lagi target audiens kita adalah anak kecil sehingga bekal ilmu mengenai makanan sehat bisa mereka bawa hingga masa depan.”

Panitia BASMA 2024 berkesempatan mewawancarai salah satu pengurus Pondok Anak Yatim dan Dhuafa Abdul Kadir Kurnia mengenai acara BASMA 2024, “Alhamdulillah tadi saya lihat acaranya sangat bagus karena ada ilmu juga untuk anak-anak tentang gizi, tidak hanya berbagi makanan ataupun donasi lainnya tetapi juga berbagi ilmu yang luar biasa”.

Pengurus panti lainnya juga menambahkan, “Keren banget acaranya, terstruktur dan rapi, sepertinya pada perfeksionis ya?”

Kegiatan BASMA 2024 telah berlangsung dengan lancar walaupun terdapat beberapa kendala dalam prosesnya. Dengan dilaksanakannya BASMA 2024, diharapkan dapat memberi pembekalan mengenai kesadaran dan pengetahuan tentang pentingnya gizi seimbang selama berpuasa di bulan Ramadhan, serta meningkatkan rasa kepedulian dan terjalinnya kekeluargaan antar panitia.

 Foto bersama anak-anak Pondok Anak Yatim dan Dhuafa Abdul Kadir Kurnia

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *