PKM Biotech Class 2023

PKM BIOTECH CLASS

“Build Trust and Courage to Get Creative Minds as Fuel for Progress”

HIMPUNAN PROGRAM STUDI BIOTEKNOLOGI GENOM 2023

FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM

UNIVERSITAS NEGERI MALANG

HMPS Bioteknologi Genom 2023 telah melaksanakan kegiatan PKM BIOTECH CLASS 2023 dengan tema “Build Trust and Courage to Get Creative Minds as Fuel for Progress”. PKM Biotech Class diselenggarakan secara offline pada hari Sabtu tanggal 16 September 2023 di Universitas Negeri Malang Gedung B25 Ruang 401. Kegiatan ini dihadiri oleh 62 peserta yang merupakan mahasiswa baru Bioteknologi 2023, diramaikan oleh para undangan yang hadir meliputi Dosen Pendamping HMPS Bioteknologi Genom, Kepala Departemen Sains Terapan, Demisioner HMPS Bioteknologi Genom, dan para pemateri.

PKM BIOTECH CLASS merupakan program kegiatan dari bidang penalaran HMPS Bioteknologi Genom yang bertujuan memberikan wadah bagi mahasiswa baru untuk mengetahui lebih dalam mengenai Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) yang mana merupakan ajang perlombaan tingkat mahasiswa di kancah Nasional. Materi-materi yang disampaikan meliputi Pengenalan PKM 5 Bidang, Kiat Mendapatkan Ide PKM sampai Pendanaan, dan Meraih Prestasi melalui Program Kreativitas Mahasiswa. Seluruh peserta sangat antusias mengikuti kegiatan dari awal sampai akhir yang dibuktikan dengan keaktifan para peserta dalam sesi tanya jawab, diadakan juga ice breaking yang melibatkan panitia dan peserta, pembacaan doa, dan selanjutnya ditutup dengan sesi dokumentasi peserta dengan tamu undangan dan para pemateri.

Panitia PKM BIOTECH CLASS 2023 berkesempatan untuk mewawancarai salah satu peserta yang hadir dalam kegiatan PKM BIOTECH CLASS, yaitu saudari Fauziah Wardatun Nisa’ mengenai acara PKM BIOTECH CLASS 2023, “Pada acara PKM Biotech Class kemarin sangat luar biasa dan keren. Materi yang disampaikan oleh para pemateri jelas dan dapat dipahami, ada games yang seru dan cukup menguras pikiran juga. Saya baru mengetahui ternyata ada yah ajang yang sangat megah dan spektakuler seperti Pekan Kreativitas Mahasiswa (PKM) yang telah disampaikan oleh kakak-kakak pemateri.” Selain itu, kami juga bertanya mengenai pembelajaran yang didapatkan pada PKM BIOTECH CLASS 2023, “Untuk pembelajaran yang didapatkan dari kegiatan PKM BIOTECH CLASS kemarin sangat berguna karena menambah pengetahuan saya mengenai jenis-jenis PKM, cara memunculkan idenya dalam penulisan PKM, serta dapat menambah relasi antara teman seangkatan dan kakak tingkat. Selain itu, saya juga menjadi tahu bahwa prodi Bioteknologi sangat memfasilitasi penuh untuk ajang Pekan Kreativitas Mahasiwa sampai tigkat nasional.”

Saudari Fauziah Wardatun Nisa’ juga menyampaikan pesan dan harapannya untuk PKM BIOTECH CLASS tahun berikutnya, “Kegiatan PKM BIOTECH CLASS ini penting dan perlu diadakan kembali untuk tahun depan karena sangat bermanfaat bagi kita para mahasiswa baru dan dapat dijadikan pembekalan untuk berprestasi ke depannya. Semoga dari kegiatan ini juga, kita sebagai mahasiswa dapat meningkatkan kemampuan dan prestasi supaya ke depannya kita dapat berkembang dan memiliki karier sesuai dengan apa yang kita harapkan.

Panitia PKM BIOTECH CLASS 2023 berkesempatan untuk mewawancarai koordinator acara PKM BIOTECH CLASS 2023, yaitu saudari Anissafa Atul Khusna mengenai acara PKM BIOTECH CLASS 2023, “Saya merasa terhormat bisa menjadi koordinator acara yang besar seperti PKM BIOTECH CLASS, acara ini sangat berkesan untuk saya pribadi karena menjadi pengalaman pertama saya sebagai koordinator acara. Acara ini telah disusun dengan penuh kehati-hatian dan usaha dari banyak pihak, meskipun tidak menutup kemungkinan adanya variabel lain yang muncul dalam acara. Terlepas dari itu, acara PKM BIOTECH CLASS 2023 memberikan saya banyak pelajaran selaku penanggung jawab lapangannya.”

Kami juga bertanya mengenai pesan dan harapan untuk PKM BIOTECH CLASS tahun berikutnya, “Untuk acara PKM BIOTECH CLASS selanjutnya semoga bisa lebih sempurna lagi, baik dalam persiapan dalam kemungkinan variabel lain yang muncul. Saya berharap kegiatan PKM BIOTECH CLASS dapat memberikan manfaat untuk para mahasiswa baru dan panitia yang telah bertugas mensukseskan acara PKM BIOTECH CLASS 2023.”

Sementara itu, Ketua Pelaksana PKM BIOTECH CLASS 2023, Candra Kurniawan Ramadhani menyampaikan, “Untuk kegiatan PKM BIOTECH CLASS 2023 berjalan dengan lancar dari segi peserta dan panitia, hal itu terihat dari antusias para peserta dalam menyimak materi yang disampaikan.” Kami bertanya mengenai perbedaan PKM BIOTECH CLASS 2023 dengan tahun sebelumnya, “Untuk acara PKM BIOTECH CLASS ini dibandingkan tahun lalu cukup berkembang dari para peserta yang sangat antusias di sesi tanya jawab. Akan tetapi jika dibandingkan dari segi fasilitas sedikit ada penurunan untuk tahun ini.” “Untuk kedepannya mungkin acara PKM BIOTECH CLASS dapat lebih meriah dan persiapannya lebih matang lagi,” tambah Candra menyampaikan harapannya sebagai kalimat penutup saat wawancara.

Kegiatan PKM BIOTECH CLASS 2023 telah berlangsung selama satu hari dengan lancar walaupun terdapat beberapa kendala dalam prosesnya. Dengan dilaksanakan PKM BIOTECH CLASS 2023, diharapkan dapat memberi pembekalan kepada mahasiswa baru mengenai pengetahuan PKM, meningkatkan minat dan kontribusi mahasiswa baru dalam PKM, serta dapat mendorong krativitas mahasiswa baru sedari awal dalam pengembangan gagasan, penulisan ilmiah, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

Kegiatan PKM BIOTECH CLASS ini diharapkan dapat memberi pembekalan kepada mahasiswa baru mengenai pengetahuan PKM dan tercapainya pembangunan berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs) poin ke-4 dalam peningkatan pendidikan berkualitas bagi mahasiswa dan dosen di lingkungan Universitas Negeri Malang.

Aftermovie :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *