Seminar Wawasan Kebangsaan 2023

“Pemantapan Pancasila sebagai Karakter Bangsa pada Mahasiswa di Era Society 5.0”

HIMPUNAN PROGRAM STUDI BIOTEKNOLOGI GENOM 2023

FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM

UNIVERSITAS NEGERI MALANG

HMPS Bioteknologi Genom 2023 telah melakukan acara Seminar Wawasan Kebangsaan yang mengusung tema “Pemantapan Pancasila sebagai Karakter Bangsa pada Mahasiswa di Era Society 5.0”. Adapun acara ini termasuk dalam salah satu rangkaian  dari Acara Sambut Arek Maba Bioteknologi yang memiliki singkatan “Asam Amino”, yang merupakan agenda lanjutan dari kegiatan Perkenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) baik di tingkat universitas maupun fakultas. Kegiatan Seminar Wawasan Kebangsaan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan kesadaran mahasiswa terhadap pentingnya memiliki rasa nasionalisme dan jiwa kebangsaan dalam membentuk identitas yang berkarakter dan nasionalis di era Society 5.0

Kegiatan Seminar Wawasan Kebangsaan dilaksanakan secara luring, pada hari Minggu 1 Oktober 2023 yang bertempat di Gedung D4 Ruang 103 dan 104 Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Kegiatan ini berupa penyampaian materi yang meliputi kehidupan multikultural dalam mempertahankan kebhinekaan di era globalisasi, dan membangun karakter pancasila di era Society 5.0. Mahasiswa baru yang terlibat sebagai peserta dalam kegiatan ini antusias dalam mengikuti kegiatan, dibuktikan dengan keaktifan para peserta ketika sesi tanya-jawab dengan pemateri, dan ketika menjalani permainan saat sesi ice breaking.

Kegiatan Seminar Wawasan Kebangsaan yang telah berlangsung selama 1 hari ini berjalan dengan baik dan lancar, meskipun terdapat kendala dalam prosesnya. Dengan dilaksanakannya kegiatan ini, diharapkan dapat menambah wawasan para Mahasiswa Baru Program Studi Bioteknologi  sebagai bekal membentuk putra-putri bangsa yang berkarakter dan senantiasa memegang teguh nilai-nilai pancasila dalam menjalani kehidupan berbangsa dan bernegara, terutama di era Society 5.0.


Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *